Perilaku Menyimpang…

A)   BENTUK-BENTUK PERILAKU MEYIMPANG

 

1          Penyimpangan Primer : Penyimpangan yang bersifat temporer atau  

sementara dan hanya menguasai sebagian kecil kehidupan seseorang.

Ciri-ciri penyimpangan primer :

1)      bersifat sementara,

2)      gaya hidupnya tidak didominasi oleh perilaku menyimpang, dan

3)      masyarakat masih mentolerir/menerima.

Contoh penyimpangan primer :

0 Pegawai yang membolos kerja,

0 Siswa yang membolos atau menyontek saat ujian,

0 Mengurangi besarnya pajak pendapatan, dan

0 Pelanggaran peraturan lalu lintas.

2)         Penyimpangan Sekunder : Perbuatan yang dilakukan secara khas dengan

memperlihatkan perilaku menyimpang. Sehingga akibatnya juga cukup parah serta mengganggu orang lain.

            Ciri-ciri penyimpangan sekunder :

1)      gaya hidupnya didominasi oleh perilaku menyimpang, dan

2)      masyarakat tidak bisa mentolerir perilaku menyimpang tersebut.

Contoh penyimpangan sekunder :

0 pembunuhan, perjudian, perampokan, dan pemerkosaan.

3)         Penyimpangan Individu : Penyimpangan yang dilakukan oleh seorang individu dengan melakukan tindakan-tindakan yang menyimpang dari norma-norma yang berlaku dalam kehidupan masyarakat. Orang seperti itu biasanya mempunyai penyakit mental sehingga tidak dapat mengendalikan dirinya.

Penyimpangan perilaku yang bersifat individual sesuai dengan kadar penyimpangannya :

a)      Pembandel, yaitu penyimpangan karena tidak patuh pada nasihat orang tua agar mengubah pendiriannya yang kurang baik.

b)      Pembangkang, yaitu penyimpangan karena tidak taat pada peringatan orang-orang.

c)      Pelanggar, yaitu penyimpangan karena melanggar norma-norma yang berlaku.

d)     Perusuh atau penjahat, yaitu penyimpangan karena mengabaikan norma-norma umum sehingga menimbulkan kerugian harta benda atau jiwa di lingkungannya.

e)     Munafik, yaitu penyimpangan karena tidak menepati janji, berkata bohong, berkhianat, dan berlagak membela.

Contoh :

0 Pencurian yang dilakukan sendiri.

0 Seorang anak, dari beberapa saudara, ingin menguasai harta peninggalan orang  

tuanya. Ia mengabaikan saudara-saudaranya yang lain. Ia menolak norma-norma pembagian warisan menurut adaptasi masyarakat maupun menurut norma agama. Ia menjual semua peninggalan harta orangtuanya untuk kepentingan diri sendiri.

4)         Penyimpangan Kelompok : Penyimpangan yang dilakukan secara berkelompok dengan melakukan tindakan-tindakan yang menyimpang dari norma-norma masyarakat yang berlaku. Pada umumnya, penyimpangan kelompok terjadi dalam subkebudayaan yang menyimpang yang ada dalam masyarakat.  

   Contoh :

            0 Geng kejahatan atau mafia.

5)         Penyimpangan Situsional : Disebabkan oleh pengaruh bermacam-macam kekuatan situsional/social di luar individu dan memaksa individu tersebut untuk berbuat menyimpang.

            Contoh :

            0 seorang suami yang terpaksa mencuri karena melihat anak dan istrinya kelaparan.

6)         Penyimpangan Sistematik : Suatu system tingkah laku yang disertai organisasi social khusus, status formal, peranan-peranan, nilai-nilai norma-norma, dan moral tertentu yang semuanya berbeda dengan situasi umum. Segala pikiran dan perbuatan yang menyimpang itu kemudian dibenarkan oleh semua anggota kelompok.

7)         Penyimpangan Campuran ( Mixture of Both Deviation) : gabungan

            antara individu dan kelompok. Pada awalnya, seorang individu yang memiliki semacam kekuatan yang besar, kemudian memengaruhi beberapa orang untuk melakukan penyimpangan-penyimpangan yang bersifat kelompok.

 

 

 

 

 

 

B)   Sifat-Sifat Perilaku Menyimpang

a)      Penyimpangan Positif : Penyimpangan yang mempunyai dampak positif karena mengandung unsure inovatif, kreatif, dan memperkaya alternative. Merupakan penyimpangan yang terarah pada nilai-nilai social yang didambakan, meskipun cara yang dilakukan tampaknya menyimpang dari norma yang berlaku.

Contoh : seorang ibu rumah tangga terpaksa harus menjadi sopir taksi karena desakan ekonomi.

b)      Penyimpangan Negatif : Penyimpangan yang cenderung bertindak ke arah   

      nilai-nilai social yang dipandang rendah dan berakibat buruk. Dalam  

      penyimpangan ini, tindakan yang dilakukan akan dicela oleh masyarakat dan

      pelakunya tidak dapat ditolerir oleh masyarakat.                        

      Contoh : pembunuhan dan pemerkosaan.

 

 

 

  

◊◊◊◊◊◊◊◊◊◊◊◊◊◊◊◊

 

Berhubung lagi tidak ingin nulis cerpen ataupun puisi. Akhirnya, aku post tentang ‘Perilaku Menyimpang’. Toh, lagipula ini kan tugas ku di sekolah gak apa-apalah. Soalnya di suruh buat rangkuman buat persentase. Tapi, tetap aja selama hampir satu tahun tidak pernah kebagian buat persentase. Jadi, harus puas dengan nilai diskusi doang!!! Tidak fair ini namanya. Walaupun begitu mau bagaimana lagi??? Soalnya untuk maju harus di undi sih! Ya, sudahlah akhirnya terpaksa gak pernah maju. Kira-kira kelompok berapa aja ya yang belum maju? Tidak ingat, yang jelas salah satunya adalah kelompokku! Berharap aja semoga bisa maju untuk persentase. Kalau untuk ini sih, ya buat siapa yang baca dan buat yang nulis buat  refresh lagi pelajaran ini. Soalnya ini tuh harus hafalan. Banyak yang dapat nilai pas-pasan (maksudnya pas-pasan tidak remedial). Lain kali masukin pelajaran lain.

About these ads
  • Posted in: Ayu

31 Comments

  1. Waa…

    Ini tugas Sosiologi ya?????????

    NOOOOOOOOOOO!!!!!!!!!!!!!!!!!

  2. nabilahsalsabila

    hhe… gpplah! mentang2 susah ya ulangannya?…

  3. ndew

    waah kaga da pisan yang gw cari nii… klo taw tulis tntang tawuran yaa..!! :P

  4. taya

    lumayan, gue ada tugas bikin makalah tentang ini hahahahaha numpang copy paste ya

  5. nabilahsalsabila

    Yah silakan aja!… itu juga tugas diskusi wktu dulu.

  6. assalamu alaikum…
    lam knal y..
    hmm, q lagi dapet tugas wat biki paper ney..
    kira2 km ada isi tentang pembahasan perilaku menyimpang g?
    maksudnya tentang penyajian datanya and analisa data gitu…
    maklum, q baru kali ini suruh buat paper..he3
    oia

  7. nabilahsalsabila

    waalaikumsallam…
    oh, bgitu. kayakny saya gk puny tuh! soalnya udah gk blajar tntang pelajarn sosiologi tuh!

  8. tolong,,,

    berikan 6 ciri perilaku menyimpang menurut Paul B. Horton dan Chester L Hunt…

    Please cepat…

    Soalnya besok mw d kumPul…..

    hehehehe

  9. nabilahsalsabila

    hmm, sayangnya saya udah gk belajar sosiologi lagi tuh…
    itu pelajaran kls 1 sma dulu… :)

  10. Susah bngt ne sosiologi twx bkn pusing az………….

  11. sani

    susah banget nih di dpt

  12. yohana fransisca

    thans yach tugasQ sdkt trbntu sich………………………tkg sdong kesimpulan dari sifat penyimpangan negatif

    • nabilahsalsabila

      Your welcome…. Alhamdulillah klo tugasny terbantu dengan post ini… ini jg iseng-iseng aja…

  13. Rock Shox ario vivid

  14. Perilaku menyimpang yang bersifat positif itu akan berdampak luas ga…???
    dan itu berbahaya apa ga..???
    seberapa jauh penyimpangnnya didalam norma masyarakat??

    • nabilahsalsabila

      menurut saya, perilaku menyimpang yg brsifat positif akn brdampak luas… seperti yang qta lihat sekarang… banyak sekali krn desakan ekonomi, pekerjaan yg selama ini hanya dilakukan oleh laki-laki tetapi, di jalankan oleh wanita.

  15. tasya

    heeeeeeeeh ngebantu ngerjain tugas nih makasih !!!

  16. ndacandra

    hheemm sayang ini gak ada gambarnya, tugas sosio aku harus pake gambar yg negatif emang banyak tapi yg postif gimana nyarinya

    • nabilahsalsabila

      ndacandra said: cari di google aja…

  17. fani

    good good :)

  18. mna sih contoh perilaku menyimpangnya pda knakalan nak remaja kok ga da sih

  19. Makasih Buat Informationnya yang sungguh akurat dan teraktual…

  20. contoh prilaku’ menyimpang positifnya kurang!!!

  21. makasih ya. . . .
    sangat membantu.
    wasalamu ‘alaikum Wr.Wb

  22. nandaaa

    thank’s yaa

  23. Desi natalia

    Thank you very much. .
    tugas saya Dapat terjawab sesuai Harapan. .:)

  24. Vesti Leo Rita

    postingannya sangat membantu tugas saya
    terimakasih :)

  25. anakbaik

    kaka,bisa buatin dua contoh bentuk penyimpangan dari gaya hidup y?thx

    • nabilahsalsabila

      klo menurut saya sih dek, yg pertama sikap hedonis seperti senang dugem (dunia gemerlap), pesta dll, lalu sifat konsumtif yang berlebihan, ada mode baru ikut. dan gaya berpacaran zaman skarang yg dh berlebihan. bgitu dek…

  26. OK deh… ^^

  27. keren

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 1,865 other followers

%d bloggers like this: